Tuesday, November 19, 2013

'Diare' Ruins Everything ... :(



Yuck! Sudah lama gue tidak menulis, bercengkrama dengan laptop dan blog-ku tersayang ({}) maaf yaa, dua hari ini sedang didera penyakit yang sama sekali tidak elit :( benciiiiiiiii.
Gue nggak tahu deh makan apa beberapa hari yang lalu, sampai-sampai bakteri yang bernama Escherichia Coli ini bersarang di tubuh gue. Gejalanya gue rasakan dua hari yang lalu, beberapa saat setelah sampai di rumah kost, dini hari gue kebelet banget buang hajat dan hasilnyaaaa OMG yang keluar cairan semuaaa, banyak bangeettt.

Sejak saat itu sampai sekarang gue hitung sudah sekitar 13 kali bolak-balik ke kamar mandi. Selain itu, yang bikin gue ketakutan adalah karena diare gue itu disertai dengan muntah-muntah. Kemarin ini gue sudah muntah dua kali, sedangkan untungnya hari ini gue sama sekali nggak muntah :’) thank God :* Sayangnya, nafsu makan gue benar-benar hilang. Bayangin, makan bubur saja gue harus menghabiskan satu jam :’)
Gue takut banget kalau yang masuk ke tubuh gue ini bukan Escherichia Coli, melainkan Vibrio Cholerae T.T berhubung gue pun nggak kuat pergi ke Poliklinik kampus, akhirnya gue sendiri mendiagnosa kalau gue cuma terkena diare biasa, sedangkan muntah-muntah itu hanya karena gue masuk angin. Fixed.
Hal yang bisa gue harapkan adalah gue akan cepat kurus dengan diberikannya penyakit ini dari Allah :’) sambil mencoba memotivasi diri untuk tetap makan biar nggak dehidrasi, gue memotivasi diri dengan beberapa hadist shahih tentang orang yang sedang sakit.
Suatu kali, Rasulullah bersabda: “Apabila seorang hamba mukmin sakit, maka Allah mengutus 4 malaikat untuk datang padanya.” Allah memerintahkan:
1.        Malaikat pertama untuk mengambil kekuatannya sehingga menjadi lemah.
2.       Malaikat kedua untuk mengambil rasa lezat dari mulutnya.
3.       Malaikat ketiga untuk mengambil cahaya terang di wajahnya sehingga berubahlah wajah si sakit menjadi pucat pasi.
4.      Malaikat keempat untuk mengambil semua dosanya, maka berubahlah si sakit menjadi suci dari dosa.
Tatkala Allah akan menyembuhkan hamba mukmin itu, Allah memerintahkan kepada malaikat 1, 2, dan 3 untuk mengembalikan kekuatannya, rasa lezat, dan cahaya di wajah sang hamba. Namun untuk malaikat ke-4, Allah tidak memerintahkan untuk mengembalikan dosa-dosanya kepada hamba mukmin. Maka bersujudlah para malaikat itu kepada Allah seraya berkata: “Ya Allah mengapa dosa-dosa ini tidak Engkau kembalikan?” Allah menjawab: “Tidak baik bagi kemuliaan-Ku jika Aku mengembalikan dosa-dosanya setelah aku menyulitkan keadaan dirinya ketika sakit. Pergilah dan buanglah dosa-dosa tersebut ke dalam laut.
Dan, satu hadist lainnya ialah: “Tiada seorang mu’min yang ditimpa oleh lelah atau penyakit, atau risau pikiran atau sedih hati, sampaipun jika terkena duri, melainkan semua penderitaan itu akan dijadikan penebus dosanya oleh Allah.” (HR Bukhari-Muslim)
Naah, dua hadist yang Insya Allah shahih ini yang membuat gue selalu positive thinking dan berusaha memotivasi diri gue juga, kalau Allah SWT melakukan ini untuk meringankan dosa-dosa gue juga :’) Subhanallah, betapa sayangnya Allah sama gue :’)
Ohiya, buat kalian yang sering sakit diare atau takut kena diare, simak yuk beberapa informasi yang gue dapet dari berbagai sumber ini:
1.      Diare yang biasa disebut dengan “mencret” di Indonesia, dan “diarrhea” dalam bahasa Inggris menjadi penyebab kematian paling umum di Negara berkembang dan membunuh lebih dari 2.6 juta orang setiap tahunnya (nah, hati-hati yaa! ;) ).
2.      Penyebabnya adalah bakteri E. coli atau Escherichia Coli yang menyebar dari saluran air yang terkontaminasi feses (hiiii!!) yang mengandung bakteri ini.
3.      Bisa juga disebabkan oleh makan makanan yang asam, pedas, atau bersantan sekaligus karena dapat membuat usus kaget.
4.      Bisa juga, disebabkan oleh konsumsi alcohol yang berlebihan, terutama untuk orang yang tidak cukup makan.
5.      Diare bisa juga disebabkan oleh beberapa infeksi virus. Dalam kondisi hidup yang bersih, makanan mencukupi dan air tersedia, pasien dapat sembuh dari infeksi virus umum dalam beberapa hari dan paling lama satu minggu (fyuuuhh).
6.      Namun, untuk individu yang sakit atau kurang gizi, diare dapat menyebabkan dehidrasi yang parah dan dapat mengancam jiwabila tanpa perawatan.
7.      Perawatan untuk diare:
a.      Mengkonsumsi sejumlah air yang mencukupi untuk mengganti yang hilang.
b.      Mengkonsumsi air yang dicampur oralit.
c.       Apabila tidak tersedia oralit bubuk, dapat meracik sendiri dengan bahan:
                                                                          i.      200 ml atau segelas seukuran belimbing air matang;
                                                                        ii.      2 sendok teh gula pasir;
                                                                      iii.      ½ sendok teh garam halus.
Campur semua bahan hingga larut lalu diminum.
8.      Pengobatan diare tradisional:
a.      Akar bunga teratai obat diare. Cara pengobatan: sediakan 50 gram rimpang teratai dan 10 gram jahe. Kemudian cuci bersih lalu parut dan ambil airnya. Minum ramuan tersebut tiga kali sehari setiap pagi, siang, dan sore.

Intinya, jaga pola hidup sehat yaa, jangan biarkan bakteri jahat apapun masuk ke tubuh kamu! Cuci tangan sebelum makan dan sesudah buang air, pastikan makanan dan minuman kalian matang dan bersih, dan jangan jajan sembarangan! Membawa bekal dari rumah itu lebih baik (untuk kalian yang tinggal dengan orang tua atau memungkinkan untuk memasak sebelum kuliah :p) ;) | @MutiaRKinasih |


Retrieved from:

No comments:

Post a Comment